St. Peter’s Basilica, Tempat Wisata Luar Biasa di Roma

6 min read

St. Peter's Basilica, Tempat Wisata Luar Biasa di Roma

St. Peter’s Basilica, Tempat Wisata Luar Biasa di Roma

St. Peter's Basilica, Tempat Wisata Luar Biasa di Roma
St. Peter’s Basilica

St. Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus di Roma adalah salah satu tempat pemujaan Katolik paling suci di dunia, dikunjungi oleh ribuan peziarah dan wisatawan setiap bulan. Dibangun di atas makam Santo Petrus, gereja yang luar biasa ini harus dikunjungi oleh pengunjung Roma.

Sejarah di balik penciptaan Katedral Santo Petrus di Roma hampir sama menakjubkannya dengan bangunan itu sendiri. Setelah Basilika pertama dirobohkan, butuh waktu lebih dari 100 tahun untuk membangun kembali, dan beberapa arsitek paling terkenal saat itu berkontribusi pada desainnya. Jika Anda berencana berkunjung ke Roma, maka Anda tidak dapat melewatkan Basilika Santo Petrus. Terletak di Kota Vatikan, Anda dapat mengunjungi Basilika dan juga Kapel Sistine dan Museum Vatikan.

Ada begitu banyak yang bisa dilihat, dan banyak tempat foto. Pastikan untuk melakukan penelitian agar Anda tidak ketinggalan apa pun. Anda dapat melihat di bawah ini semua informasi yang Anda butuhkan untuk memaksimalkan kunjungan Anda, termasuk jam masuk Basilika Santo Petrus, sejarahnya, bagaimana menuju ke sana, apa yang harus dipakai, dan banyak fakta menarik bagi Anda untuk mengesankan teman perjalanan Anda.

Panorama 360 St. Peter’s Basilica Di Roma

Apa Itu St. Peter’s Basilica Di Roma ?

Basilika Santo Petrus Terletak di Bukit Vatikan di situs Warisan Dunia UNESCO di Kota Vatikan, Basilika Santo Petrus mendominasi cakrawala kota Roma dan menarik jutaan pengunjung dari seluruh dunia. Ini memiliki kapasitas lebih dari 60.000 orang, mencakup 22.300 meter persegi dan merupakan salah satu gereja terbesar di dunia. Anda dapat menaiki tangga 491 ke puncak kubah Michelangelo. Sebuah gereja hanya menjadi basilika ketika paus menunjuknya, biasanya karena signifikansi historis atau jika itu menyimpan relik suci. Secara global, ada lebih dari 1.400 basilika kecil; namun, Basilika Santo Petrus adalah salah satu dari hanya empat Basilika Utama di dunia. Tiga basilika besar lainnya juga terletak di Roma: St John Lateran, St Paul’s outside the Walls dan St Mary Major. Basilika Santo Petrus mencapai status basilika karena dibangun di situs tempat Santo Petrus dimakamkan pada tahun 64 Masehi.

St. Peter's Basilica Di Roma
St. Peter’s Basilica Di Roma

Sejarah St. Peter’s Basilica

Situs Katedral St. Peter di Roma pada awalnya adalah Circus of Nero dan sebuah kuburan. Santo Petrus, diyakini sebagai salah satu dari 12 rasul, dan paus yang pertama mati syahid di bawah pemerintahan Kaisar Nero pada sekitar 64 Masehi. Pada tahun 306 M, Kaisar Konstantinus menjadi kaisar Kristen pertama di Roma. Dia memutuskan untuk mendirikan basilika di Bukit Vatikan di lokasi yang seharusnya menjadi makam Santo Petrus.

Konstruksi dimulai pada 319 M dan selesai sekitar 349 M. Konstruksi tersebut melibatkan pemindahan sejuta ton bumi untuk membuat platform untuk mendukung struktur. Itu adalah prestasi teknik yang menakjubkan. Basilika berdiri selama lebih dari 1.000 tahun, namun sudah mulai memburuk dan karena kekhawatiran serius bahwa itu akan runtuh, Paus Julius II (yang juga menugaskan lukisan langit-langit Kapel Sistina) menyimpulkan bahwa itu tidak dapat diperbaiki dan itu harus dihancurkan dan dibangun kembali.

Basilika baru membutuhkan waktu 120 tahun untuk menyelesaikan dan semua arsitek besar Renaisans Romawi dan Barok adalah bagian dari desainnya. Banyak arsitek dikonsultasikan, namun kontributor utama untuk penciptaan Basilika St Peters adalah Bramante, Raphael, Michelangelo, Donato, Giacomo della Porta dan Maderno. Bramante menghasilkan desain asli untuk Basilika pada tahun 1506. Setelah kematian Bramante pada tahun 1514, Raphael mengambil alih sebagai arsitek utama dan ketika Raphael meninggal pada tahun 1520, Michelangelo menggantikannya. Murid Michelangelo, Giacomo della Porta, terus membangunnya setelah kematian Michelangelo pada 1564. Carlo Maderno kemudian diminta oleh Paus Paul V untuk memperluas gereja. Basilika Santo Paulus akhirnya selesai pada 18 November 1626, dan ditahbiskan oleh Paus Urban VIII.

Kubah St. Peter's Basilica
Kubah St. Peter’s Basilica

Fakta Tentang St. Peter’s Basilica

  • Ada dua tingkat di bawah Basilika Santo Petrus; tingkat pertama dikenal sebagai Gua Vatikan, dan merupakan kuburan bawah tanah besar tempat makam 91 Paus dimakamkan. Tingkat di bawah ini adalah Vatikan Necropolis dan rumah Makam St Peter.
  • Hanya ada tiga wanita yang dikubur di Gua Vatikan; Ratu Christina dari Swedia, Agnesina Colonna Caetani dan Ratu Charlotte dari Siprus.
  • Pintu suci di Basilika Santo Petrus hanya dibuka untuk Tahun Yobel, yaitu sekali setiap 25 tahun. Mereka biasanya disemen tertutup untuk mencegah mereka secara tidak sengaja dibuka.
  • Ukiran Pieta yang terkenal di Michelangelo bertempat di Basilika Santo Petrus dan dilindungi oleh kaca anti peluru. Itu diukir dari lempengan marmer tunggal dan merupakan satu-satunya karya yang pernah ditandatangani.
  • Di halaman di luar Katedral St Peter di Roma ada 140 patung orang-orang kudus, yang berdiri di atas tiang-tiang. Setiap patung setinggi 3,10 meter dan mereka telah berdiri sejak 1670.
  • Garda Swiss, tentara terkecil di dunia, dibentuk pada 1506 dan masih ada untuk melindungi Paus, Vatikan, dan Basilika Santo Petrus.
St. Peter's Basilica
Interior St. Peter’s Basilica

Apa Yang Dapat Dilihat Di St. Peter’s Basilica ?

St. Peter’s Square – Dikenal secara lokal sebagai Piazza San Pietro, St. Peter’s Square berada di depan Basilika. Ada dua air mancur yang menakjubkan di kedua sisi alun-alun. Ada juga obelisk Mesir setinggi 40 meter (termasuk pangkalan dan salib di atas), yang dibeli ke Roma pada tahun 37 SM. Dari sini Anda juga akan dapat melihat 140 patung orang suci yang disebutkan di atas pilar. Di depan alun-alun Anda akan dapat melihat patung-patung besar Santo Petrus dan Santo Paulus.

St. Peter's Square
St. Peter’s Square

St. Peter’s Baldachin – Terletak tepat di bawah kubah di Basilica berdiri kanopi perunggu setinggi 29 meter ini. Gian Lorenzo Bernini mulai mengerjakan Baldachin pada 1623 dan selesai 11 tahun kemudian pada 1634. Baldachin berdiri di atas altar kepausan yang tepat di atas makam Santo Petrus. Hanya Paus yang bisa melayani di altar.

St. Peter's Baldachin
St. Peter’s Baldachin

Patung Perunggu Santo Petrus – Diciptakan pada tahun 1300 oleh Arnolfo di Cambio, patung Santo Petrus yang duduk di atas takhta telah terletak di Basilika sejak tahun 1605. Tradisi peziarah baik menyentuh atau mencium kaki patung telah menyebabkan kaki kanan untuk dipakai. turun.

Bronze Statue of St Peter
Patung Perunggu Santo Petrus

Pemandangan dari Atas Kubah – Setelah naik atau menaiki tangga, Anda akan melihat pemandangan Kota Vatikan yang menakjubkan dari atas Basilika St Peter. Kubah yang luar biasa itu sendiri adalah salah satu bagian paling mengesankan dari Basilika luar biasa. Desainnya dimulai oleh Michelangelo dan dilanjutkan oleh Giacomo Della Porta. Carlo Maderno menyelesaikan kubah pada tahun 1614. Kubah ini telah menjadi inspirasi bagi banyak katedral dan bangunan lain, misalnya, Capitol di Washington dan Katedral St Paul di London.

pemandangan Kota Vatikan
pemandangan Kota Vatikan

Peraturan Di St. Peter’s Basilica (Tiket Masuk, Jam Buka, Dan Kode Berpakaian)

Jutaan orang mengunjungi Basilika Santo Petrus di Roma setiap tahun, jadi sangat penting bagi Anda untuk merencanakan kunjungan Anda ke Kota Vatikan jauh hari sebelumnya untuk memastikan Anda menghindari antrian berjam-jam. Mengunjungi Basilika gratis, namun ada biaya untuk naik ke kubah, dan untuk melihat Vatikan Necropolis. Akses ke Vatikan Necropolis, di mana makam Santo Petrus berada, hanya mungkin sesekali ketika Kantor Penggalian memberikan izin khusus. Anda dapat mengirim email kepada mereka di scavi@fsp.va untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkan reservasi untuk tanggal yang Anda pilih. Ada biaya 13 euro per orang.

April – September

  • Basilika St Peter: 7:00 pagi – 7:00 sore – Gratis
  • The Cupola (Dome): 8:00 pagi – 6:00 sore – € 8 untuk lift, € 6 untuk tangga
  • The Vatican Grottoes 07:00 – 18:00 – Gratis
  • Vatikan Necropolis – email scavi@fsp.va – € 13

Oktober – Maret

  • Basilika St Peter: 7:00 pagi – 6:00 sore – Gratis
  • The Cupola (Dome): 8:00 pagi – 5:00 sore – € 8 untuk lift, € 6 untuk tangga
  • The Vatican Grottoes 07:00 – 17:00 – Gratis
  • Vatikan Necropolis – email scavi@fsp.va – € 13

Tiket untuk mengunjungi Basilika tidak dapat dibeli online, karena gratis. Jadi, Anda hanya perlu bergabung dengan antrian, yang bisa sangat lama karena ini adalah tujuan wisata yang populer. Cara untuk menghindarinya adalah dengan memesan tiket secara online dengan grup tur, yang dapat Anda lakukan dengan Roma Experience pada tur Basilika ini.

Salah satu hal terpenting yang perlu diketahui adalah bahwa Anda akan ditolak masuk jika Anda tidak berpakaian dengan benar, ratusan orang ditolak setiap hari! Anda harus mengenakan sepatu, dan bahu serta lutut Anda harus tertutup. Ini berlaku untuk pria dan wanita. Anda tidak harus berpakaian dengan sangat baik, tetapi jika Anda mengenakan celana pendek, rok pendek, atau baju tanpa lengan maka Anda tidak akan bisa masuk. Anda juga harus melepas topi Anda sebelum memasuki Basilika.

Video St. Peter’s Basilica

Tips Mengunjungi St. Peter’s Basilica

  • Pada hari Rabu, dengan pengecualian pada akhir Juli dan Agustus, Paus mengadakan audiensi di Basilika St Peters. Anda bisa mendapatkan tiket untuk melihat Paus memberikan Audiensi Kepausan atau Massa Kepausan secara gratis. Itu terjadi di Lapangan Santo Petrus. Jika Anda hanya ingin melihat Basilika, maka hindari hari Rabu, karena Anda tidak akan diizinkan masuk sampai audiensi kepausan selesai.
  • Museum Vatikan berjarak sepuluh menit berjalan kaki dari Basilika Santo Petrus, dan patut dikunjungi. Ada biaya masuk, namun gratis pada hari Minggu terakhir setiap bulan dari pukul 9: 00-13: 45.
  • Berhati-hatilah dengan barang-barang Anda. Ada banyak pencopet di sekitar Kota Vatikan, memangsa wisatawan yang terganggu. Bus nomor 64 telah mendapat reputasi sebagai bus yang sangat buruk, karena bus ini terutama digunakan oleh wisatawan.
  • Seperti yang disebutkan sebelumnya, pastikan Anda mengenakan pakaian yang sesuai. Anda tidak ingin mencapai bagian depan antrian hanya untuk tidak diizinkan masuk. Jika terlalu panas, Anda selalu bisa membawa syal untuk menggantungkan di bahu Anda.
  • Jika Anda memiliki rasa takut akan ketinggian, klaustrofobik atau memiliki kondisi jantung, maka Anda mungkin ingin menghindari menaiki tangga 554 ke puncak Basilika.
  • Beberapa wisatawan berpikir bahwa antrian untuk Basilika Santo Petrus juga akan memberi mereka akses ke Kapel Sistine. Ini bukan kasusnya; Kapel Sistine dapat diakses melalui Museum Vatikan. Tiket masuk gratis diberikan ke museum pada hari Minggu terakhir setiap bulan dan pada hari pariwisata dunia (27 September).
Tips Mengunjungi St. Peter's Basilica
St. Peter’s Basilica

Cara Ke St. Peter’s Basilica

Basilika St Peter terletak di dalam Kota Vatikan, yang berada di utara pusat kota Roma. Jika Anda menggunakan sistem Metro Roma, Anda bisa turun di Ottaviano (Jalur A), dari sana hanya berjarak sepuluh menit berjalan kaki ke Basilika St Peter. Sebagian besar bus akan berhenti di Kota Vatikan, yang utama adalah 64, 62, 40, dan 81. Anak-anak di bawah 10 bepergian gratis menggunakan semua angkutan umum.

Ada berbagai bus naik-turun / turun, yang dapat menurunkan Anda di Kota Vatikan dan Anda dapat naik bus kembali lagi nanti. Perlu diingat bahwa pada hari Minggu ada beberapa penutupan jalan, yang dapat memengaruhi perjalanan Anda.

Berjalan ke Katedral St Peter di Roma juga merupakan pilihan; Anda hanya perlu 15-20 menit untuk berjalan kaki dari jantung kota Roma ke Kota Vatikan, dan perjalanan itu menyenangkan. Anda juga bisa ikut serta dalam tur jalan kaki, yang akan berguna untuk membantu Anda mendapatkan posisi Anda jika Anda baru ke Roma.

Jika Anda mengemudi, fasilitas parkir terdekat ke Kota Vatikan adalah parkir mobil 5 lantai bawah tanah, Terminal Gianicolo. Ini adalah sepuluh menit berjalan kaki dari Basilika St Peter. Taksi tidak terlalu sering digunakan di Roma, dan Anda mungkin kesulitan untuk menemukannya. Mungkin bagus menggunakan Uber untuk memeriksa ongkos dan memesan taksi; ini akan mencegah Anda dari ditagih terlalu banyak.

St. Peter’s Basilica

Rated 4.8/5
based on 73572 reviews from Google reviews
St. Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus di Roma adalah salah satu tempat pemujaan Katolik paling suci di dunia, dikunjungi oleh ribuan peziarah dan wisatawan setiap bulan. Dibangun di atas makam Santo Petrus, gereja yang luar biasa ini harus dikunjungi oleh pengunjung Roma.
Berlokasi di : Kota Vatikan, Roma
  • Alamat : Piazza San Pietro, 00120 Città del Vaticano, Vatican City
  • Lokasi : Kota Vatikan
  • Gaya : Renaissance dan Barok
  • Panjang : 220 m (720 ft)
  • Lebar : 150 m (490 ft)
  • Tinggi : 136,6 m (448 ft)
  • Tinggi nave : 46,2 m (152 ft)
  • Diameter kubah (luar) : 42 m (138 ft)
  • Diameter kubah (bagian dalam) : 41,5 m (136 ft)
  • Arsitek : Michaelangelo Buonarroti, Gian Lorenzo Bernini, Dan Lainnya

Maps St. Peter’s Basilica

Istana Versailles, Dari Kursi Kekuasaan Ke Museum Sejarah Perancis

Istana Versailles, Dari Kursi Kekuasaan Ke Museum Sejarah Perancis Istana Versailles. Simbol dekaden kekuatan dan pengaruh kerajaan yang, hingga hari ini, masih memukau pengunjung....
fikri kurniawan
7 min read