Roman Forum, Wisata Pusat Peradaban Romawi Kuno

6 min read

Roman Forum, Wisata Pusat Peradaban Romawi Kuno

Roman Forum, Wisata Pusat Peradaban Romawi Kuno

Roman Forum, Wisata Pusat Peradaban Romawi Kuno
Roman Forum

Travelling jauh melintasi beberapa benua rasanya sayang kalau cuma untuk melihat reruntuhan. Tapi tentu beda rasanya bila yang dikunjungi merupakan reruntuhan pusat kota dari kekaisaran yang paling berkuasa di dunia lampau, yaitu kekaisaran Romawi. Roman Forum adalah pusat kota Roma saat Roma menjadi ibukota kekaisaran Romawi. Letaknya berada di dekat Colosseum. Berkunjung ke Roman Forum berasa seperti memasuki kota Romawi di zaman dulu. Semakin terasa karena dilengkapi dengan kuil, basilika, monumen dan pasar rakyat.

Yang paling menarik di Roman Forum adalah Casa delle Vestali, rumah para perawan yang menjaga api suci di Kuil Vesta. Api suci dijaga oleh 6 pendeta perawan berusia 6 hingga 10 tahun. Mereka melayani kuil selama 30 tahun lamanya. Para pendeta perawan bertanggung jawab menjaga api suci tetap menyala. Bila apinya mati mereka akan dihukum cambuk. Bila mereka kehilangan keperawanannya, maka akan dikubur hidup-hidup. Ada begitu banyak bangunan dan reruntuhan di komplek kota kuno Romawi ini. Seperti Basilika di Massenzio yang merupakan bangunan terbesar di komplek Roman Forum. Juga Kuil Saturnus dan kuil-kuil lainnya. Perlu setengah hari untuk mengunjungi semuanya. Untuk memudahkan mengetahui fungsi masing – masing bangunan saat masa Romawi sebaiknya menggunakan jasa pemandu atau ikut tur khusus.

Panorama 360 Roman Forum

Tentang Roman Forum

Roman Forum yang dikenal sebagai Forum Romanum dalam bahasa Latin, adalah sebuah situs yang terletak di pusat kota kuno Roma dan lokasi kegiatan keagamaan, politik dan sosial yang penting. Roman Forum dibangun sejak abad ke-7 Sebelum Masehi. Sejarawan percaya orang pertama kali memulai pertemuan publik di Forum terbuka sekitar 500 SM, ketika Republik Romawi didirikan. Daerah berbentuk persegi panjang, terletak di tanah dataran rendah antara Bukit Palatine dan Bukit Capitoline, adalah rumah bagi banyak kuil dan monumen kota paling mengesankan. Saat ini, Forum Roman adalah salah satu situs wisata paling terkenal di dunia, menarik lebih dari 4,5 juta pengunjung setiap tahun.

Roman Forum adalah rumah bagi beberapa bangunan tertua dan paling penting di kota kuno – yang akan Anda lihat adalah banyak reruntuhan, termasuk kuil dan kuil, seperti House of Vestal Virgins. Monumen-monumen paling kuno di Forum Romawi berasal dari raja-raja pertama Roma, yang berasal dari abad ke-6 SM. Forum itu kemudian ditinggalkan beberapa waktu di Abad Pertengahan, dan seiring waktu, terkubur di bawah lapisan bumi. Beberapa kuil diubah menjadi gereja, memungkinkan pelestarian mereka dalam perjalanan waktu. Selama Renaissance, area Forum Romanum digunakan sebagai tambang marmer dan batu. Namun, baru pada tahun 1898 penggalian mulai dilakukan, mengungkapkan apa yang bisa kita lihat saat ini.

Dan yang perlu Anda ketahui, bahwa Julius Caesar dikremasi di sini. Kuil Caesar, dibangun setelah pembunuhan politisi di tangga Teater Pompey, kadang-kadang disebut sebagai situs kuburan Caesar, tetapi sebenarnya adalah tempat di mana ia dikremasi pada tahun 44 SM. Sekarang, kuil itu dalam reruntuhan tetapi orang-orang masih meninggalkan bunga dan upeti untuk menghormati warga negara Roma yang paling terkenal.

Tentang Roman Forum
Roman Forum

Sejarah Roman Forum

Menurut legenda yang diterima secara luas, Roma kuno didirikan oleh saudara Romulus dan Remus pada tahun 753 SM. Setelah konflik meningkat, Romulus membunuh Remus, menjadi raja dan menamai Roma setelah dirinya sendiri. Kisah tradisional juga memuji Romulus dengan memulai aliansi dengan saingannya, Titus Tatius, dan menjadikan situs Forum Romawi sebagai zona pertemuan netral. Pada awalnya, Forum pada dasarnya berfungsi sebagai pasar untuk belanja sehari-hari. Seiring waktu, itu menjadi jauh lebih fleksibel dan fungsional, karena urusan publik diadakan di daerah tersebut.

Sejarawan memperkirakan bahwa kemunculan acara-acara publik di Forum Roma pertama kali terjadi sekitar 500 SM, ketika Republik Romawi dimulai. Forum ini secara bertahap berkembang, berkembang dan berkembang selama berabad-abad. Patung, lengkungan, basilika, dan bangunan lainnya dibangun untuk mengakomodasi pertemuan. Sekitar masa pemerintahan Julius Caesar, Forum menjadi penuh sesak. Caesar dikreditkan dengan membangun forum baru, di samping yang asli, untuk menawarkan lebih banyak ruang. Kemudian, Kaisar Augustus juga menambahkan ke daerah itu.

Fungsi Forum Roman

Forum itu dianggap sebagai jantung kota Roma. Sementara ada banyak forum lain di Roma kuno, Forum Romawi adalah yang paling signifikan. Itu adalah situs multiguna yang mengakomodasi berbagai fungsi. Acara yang berlangsung di Forum termasuk:

  • Pemilu
  • Pidato publik
  • Pengadilan kriminal
  • Pertandingan gladiator (sebelum Colosseum dibangun)
  • Perkumpulan sosial
  • Urusan bisnis
  • Pertemuan publik
  • Upacara keagamaan
  • Acara pendidikan
  • Membeli, menjual, dan memperdagangkan barang

Situs Penting Di Roma Forum

Beberapa bangunan penting, patung, dan monumen terletak di Forum. Beberapa kuil dibangun untuk menghormati pria, dan yang lain didedikasikan untuk para dewa atau dewi. Beberapa struktur paling terkenal di Forum Romawi meliputi:

Rumah Senat: Rumah senat, yang dikenal sebagai “Kuria,” berfungsi sebagai rumah dewan untuk Senat Romawi dan situs untuk berbagai acara politik. Itu dibangun kembali beberapa kali, dan pada abad ke-7, Kuria diubah menjadi sebuah gereja.

Senate House
Rumah Senat

Kuil Saturnus: Kuil Saturnus pertama dibangun sekitar 498 SM. dan dianggap sebagai salah satu kuil paling awal di Forum Romawi. Tapi itu dibangun kembali bertahun-tahun kemudian, dan reruntuhan saat ini kembali ke sekitar 42 SM. Bangunan ini didedikasikan untuk Saturnus, dewa pertanian, dan digunakan sebagai perbendaharaan — tempat uang Roma dikelola dan disimpan.

Temple of Saturn
Kuil Saturnus

Lengkungan Titus: Lengkungan abad pertama ini dibangun pada 81 M oleh Kaisar Domitianus untuk menghormati saudaranya, kaisar Titus, yang menang dalam Pengepungan Yerusalem.

Arch of Titus
Lengkungan Titus

Kuil Vesta: Kuil Vesta adalah kuil berbentuk melingkar yang didedikasikan untuk Vesta, dewi perapian, rumah dan keluarga.

Temple of Vesta
Kuil Vesta

The Rostra: The Rostra adalah sebuah platform yang dapat digunakan orang untuk berpidato.

The Rostra
The Rostra

Temple of Castor dan Pollux: Sejarawan percaya candi ini selesai dibangun sekitar tahun 484 SM. Itu didedikasikan untuk para dewa kembar Romawi, Castor dan Pollux, dan menjalani beberapa tahap konstruksi.

Temple of Castor and Pollux
Temple of Castor and Pollux

The Sacra Via: Ini adalah jalan utama yang membentang melalui Forum Romawi dan menghubungkan berbagai situs penting. Jalan terkenal ini juga membentang ke Colosseum, yang berada dalam jarak berjalan kaki dari Forum. Ini terutama berfungsi sebagai jalur untuk upacara dan prosesi.

The Sacra Via
The Sacra Via

Arsitektur dan Seni Romawi

Forum Romawi dibangun kembali berkali-kali selama keberadaannya. Ini memungkinkan berbagai bentuk arsitektur dari era yang berbeda untuk bergabung bersama. Pengaruh dari setiap periode dapat dilihat dalam desain dan konstruksi bangunan. Arsitek Romawi sangat dipengaruhi oleh desain Yunani klasik. Tetapi, orang-orang Romawi juga menciptakan struktur khas mereka sendiri, seperti basilika, lengkungan kemenangan, kubah, pemandian Romawi, dan amfiteater. Bahan-bahannya berkisar dari beton hingga marmer yang megah. Forum Romawi, dan reruntuhan itu sendiri, juga berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi para seniman. Giambattista Piranesi yang terkenal, seorang seniman Italia yang hidup pada tahun 1700-an, dikenal karena menciptakan serangkaian lukisan yang menggambarkan pemandangan Roma. Situs-situs dalam Forum juga disebutkan dalam literatur bersejarah: Roma kuno, misalnya, merupakan latar bagi beberapa karya William Shakespeare.

Roman Forum Sekarang

Saat ini, Forum Roman adalah objek wisata yang populer. Pengunjung dapat melihat langsung reruntuhan kuno dan fragmen arsitektur yang tertinggal. Upaya gigih untuk memulihkan dan melestarikan reruntuhan tetap menjadi prioritas utama. Penggalian sedang berlangsung di dalam dan sekitar Forum. Sejarawan masih berusaha mengungkap temuan baru yang bisa memberi mereka jawaban tentang usia tepat Roma. Sebagai contoh, pada tahun 2009, sekelompok arkeolog menemukan sisa-sisa tembikar dan sisa-sisa makanan di sekitar dinding yang berasal dari abad ke 8 atau 9 SM. Ini lebih dari seabad sebelum kebanyakan ahli mengira Roma didirikan. Sisa-sisa kuno misterius dalam banyak hal, tetapi mereka menawarkan wawasan belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam peradaban Romawi.

Roman Forum
Roman Forum

Tiket Masuk Roman Forum Dan Colosseum

Tiket masuk untuk Roman Forum juga memberi Anda akses ke Colosseum dan Bukit Palatine dan pamerannya dan berlaku selama 2 hari. Untuk orang dewasa membayar 12 euro, warga negara UE yang berusia 18 hingga 25 tahun membayar 7,50 euro dan remaja di bawah 18 tahun dan para penyandang cacat serta asisten mereka dapat mengunjungi Roman Forum di Roma secara gratis. Yang perlu dicermati adalah memasuki antrian Roman Forum atau Bukit Palatine biasanya bukan masalah besar, tetapi Colosseum dengan pintu masuk khusus adalah masalah yang berbeda. Dengan memilih jalur cepat bisa mengatasi masalahmu dalam hal antrian. Membeli tiket Antrian / Jalur Cepat dapat dibeli di muka on-line dengan pengiriman tiket langsung melalui email.

Tiket Jalur Cepat – opsi 1

  • Satu entri jalur cepat ke Colosseum dan satu entri ke Forum Roman / Bukit Palatine
  • Jalur cepat masuk entri dikawal ke Colosseum pada slot waktu yang dipilih tersedia sepanjang hari

Tiket Jalur Cepat – opsi 2

  • Satu entri jalur cepat ke Colosseum dan satu entri ke Forum Roman / Bukit Palatine
  • Panduan audio gratis termasuk dalam bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Spanyol, Jerman, Prancis, Portugis, dan Cina
  • Masuk pada timeslots di pagi hari atau kapan saja setelah jam 2 malam.

Cara Ke Roman Forum

Roman Forum mudah diakses melalui transportasi umum: Stasiun metro “Colosseo” dari jalur MEB hanya berjarak beberapa langkah. Ada juga beberapa jalur bus, yang akan membawa Anda sangat dekat dengan Forum, termasuk linen 51, 85, 75, 85, 87, 117 dan 18 dengan halte bus di Via dei Fori Imperiali dan jalur 40, 60, 80 , 780, 781 dan 916 yang memiliki halte bus di Piazza Venezia.

Video Roman Forum

Pertanyaan Tentang Roman Forum

Apa yang mungkin terjadi di Forum Roma?
Forum adalah pusat utama kota Romawi. Biasanya terletak di dekat pusat fisik kota Romawi, itu berfungsi sebagai area publik di mana kegiatan komersial, agama, ekonomi, politik, hukum, dan sosial terjadi. Fora adalah hal biasa di semua kota Romawi, tetapi tidak ada yang sebesar grand Roma itu sendiri.

Apakah Forum Roman gratis?
Masuk ke Forum Roman tidak lagi gratis dan dilindungi oleh tiket Colosseum tunggal yang memberikan akses ke area Colosseum, Forum dan Bukit Palatine.

Berapa umur Forum Roma?
17. Forum Romawi atas sejarah telah memiliki 3 lengkungan yang dibangun di sana. Yang pertama oleh Augustus pada 29 SM di mana tidak terlihat hari ini, yang kedua Arch of Titus dibangun pada 81 M dan ketiga Arch of Septimius Severus yang dibangun pada 203 M.

Di mana saya bisa masuk ke Forum Roman?
Gerbang masuk utama untuk Forum Romawi adalah di sepanjang Via dei Fori Imperiali antara Colosseum dan Piazza Venezia, dekat ujung Piazza Venezia. Ada gerbang keluar dari Forum Romawi yang dekat dengan Colosseum. Anda tidak dapat memasuki Forum Romawi di gerbang terdekat Colosseum, gerbang ini hanya jalan keluar.

Siapa yang menghancurkan Forum Romawi?
Tetapi sebagian besar bangunan dan situs kuno di Forum Romawi dihancurkan pada tahun 410 M, sekitar waktu Kekaisaran Romawi mulai runtuh. Selama Abad Pertengahan, tanah yang dulunya Forum Romawi agung direduksi menjadi padang rumput bagi hewan-hewan yang sedang merumput.

Roman Forum

Rated 4.7/5
based on 75006 reviews from Google reviews

Forum Romawi, juga dikenal dengan nama Latinnya Forum Romanum, adalah forum persegi panjang yang dikelilingi oleh reruntuhan beberapa bangunan pemerintah kuno yang penting di pusat kota Roma. Warga kota kuno menyebut ruang ini, awalnya pasar, sebagai Forum Magnum, atau hanya Forum.
Berlokasi di : Roma, Itali
  • Alamat : Via della Salara Vecchia, 5/6, 00186 Roma RM, Italia
  • Jam Buka : Setiap Hari 08.30 – 19.15
  • Telepon : +39 06 699841
  • Tahukah Anda : Forum Roman adalah situs arkeologi besar, yang dapat dikunjungi menggunakan tiket yang sama yang memungkinkan Anda memasuki Colosseum dan Bukit Palatine.

Maps Roman Forum

Istana Versailles, Dari Kursi Kekuasaan Ke Museum Sejarah Perancis

Istana Versailles, Dari Kursi Kekuasaan Ke Museum Sejarah Perancis Istana Versailles. Simbol dekaden kekuatan dan pengaruh kerajaan yang, hingga hari ini, masih memukau pengunjung....
fikri kurniawan
7 min read