Olympiastadion, Stadion Olahraga Terbesar dengan Suasana Bersejarah di Berlin

3 min read

Olympiastadion, Stadion Olahraga Terbesar dengan Suasana Bersejarah di Berlin

Olympiastadion, Stadion Olahraga Terbesar dengan Suasana Bersejarah di Berlin
Olympiastadion Berlin

Bagi penggemar sepak bola lokal, Olympiastadion Berlin hanya berarti satu hal – rumah klub Bundesliga terkemuka di kota itu, Hertha BSC, yang dijuluki “Nyonya Tua”. Tapi, Olympiastadion lebih dari itu, makanya kalau kamu berkesempatan liburan di Eropa sempatkan untuk ke Olympiastadion di Berlin ini dan kagumi segala hal yang ada di sana.

Stadion Olimpiade adalah stadion olahraga terbesar di Berlin. Dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1936, sekarang menjadi tuan rumah acara olahraga dan hiburan utama. Lebih dari sekedar sepak bola – Olympiastadion Berlin menjadi tuan rumah acara olahraga papan atas dan konser. Olympiastadion Berlin lebih dari sekadar stadion kandang bagi klub sepak bola Bundesliga Hertha BSC.

Panorama 360 Olympiastadion Berlin

Sejarah Olympiastadion Berlin

Pembangunan stadion dimulai pada awal 1930-an. Itu menjadi pusat dari seluruh kompleks olahraga: Reichssportfeld (sekarang dikenal sebagai Olympiagelände Berlin), yang menampung struktur lain seperti amfiteater Waldbühne. Adolf Hitler berharap desain mengesankan arsitek Werner March akan mengatur panggung bagi Nazi untuk membuktikan keunggulan total mereka di Olimpiade. Resmi dibuka pada 1 Agustus 1936 pada upacara pembukaan Olimpiade, Olympiastadion memiliki kapasitas untuk menampung 100.000 orang.

Terlepas dari upaya Hitler untuk menggunakan Olimpiade untuk menunjukkan supremasi Arya, atlet Afrika-Amerika Jesse Owen mendominasi di lintasan dan lapangan; ia meraih empat medali emas di nomor 100 meter, 200 meter, lompat jauh, dan estafet 4×100 meter.

Sejak Olimpiade 1936 di Berlin, Olympiastadion telah mengalami banyak perubahan. Pada awal Perang Dunia Kedua, sebagian kompleks diubah menjadi bunker bawah tanah dan unit penyimpanan amunisi, makanan, dan anggur. Pada tahun 1972, mengalami renovasi besar-termasuk penambahan dua atap parsial untuk mempersiapkan Piala Dunia 1974.

Pada 1990-an, stadion sekali lagi membutuhkan pekerjaan. Ada perdebatan apakah itu harus dibangun kembali sebagai stadion khusus sepak bola, atau hanya direnovasi sebagai ruang serba guna. Diputuskan bahwa itu harus dipertahankan sesuai dengan bentuknya, dan dirubah dengan tempat duduk yang lebih baik, suite mewah, atap baru, dan total kapasitas ditempatkan pada 74.475. Pada tanggal 1 Agustus 2004, ulang tahun ke-68 Olympiastadion, situs modern dibuka kembali.

Sejarah Olympiastadion Berlin
Olympiastadion Berlin

Saat ini, situs tersebut digunakan untuk konser dan olahraga; kompetisi masa lalu yang diadakan di sini termasuk kejuaraan sepak bola Jerman 1937, Piala Dunia FIFA 2006, Kejuaraan Dunia Atletik IAAF 2009, Piala Dunia Wanita FIFA pada 2011, dan Final Liga Champions UEFA 2015.

Olympiastadion Berlin Dibangun Sebagai Bagian dari Kompleks Olahraga Skala Penuh

Proyek Werner March untuk Olimpiade 1936 – didesain ulang dalam kemegahan monumental khas Fasis dimaksudkan sebagai kompleks olahraga skala penuh – Lapangan Olimpiade, Stadion Olimpiade yang menampung 110.000 penonton, dan lapangan lintasan yang dikenal sebagai Maifeld dimaksudkan sebagai tempat berbaris untuk demonstrasi massal hingga 500.000 orang dan kolam renang Olimpiade. Waldbühne, salah satu tempat terbuka paling populer di Berlin saat ini, dengan 25.000 kursi dibangun untuk kompetisi senam. Sebuah menara Olimpiade 78m – Menara Lonceng – melengkapi ansambel. Secara arsitektur, Lapangan Olahraga Reich berusaha untuk menarik efek dari interaksi bentuk arsitektur, alam dan patung sebagai latar belakang acara nasional dan terorganisir seperti yang digambarkan dalam film kontroversial Leni Riefenstahl yang mengatur dan mengabadikan estetika budaya Sosialisme Nasional.

Renovasi dan Modernisasi Olympiastadion Berlin

Situs ini dibuka kembali pada tahun 1946 ketika pasukan Inggris yang ditempatkan di Berlin menjadi tuan rumah dan kompetisi lintasan dan lapangan 8 negara untuk tentara Pasukan Sekutu. Setelah runtuhnya Tembok pada tahun 1989, tawaran Berlin untuk Olimpiade 2004 gagal dan pada tahun 1998 Senat Berlin mengambil keputusan akhir untuk transformasi penuh bekas kompleks menjadi tempat olahraga multifungsi modern yang dibangun kembali oleh arsitek Gerkan Marg dan Partner Group.

Yang Wajib Dikunjungi di Olympiastadion

Stadion Olimpiade Berlin
Stadion Olimpiade Berlin
  • Ostkurve: Bagian “kurva timur” stadion selalu disediakan untuk penggemar Hertha. Harapkan itu diisi dengan penggemar biru dan putih yang antusias.
  • Bell Tower (Glockenturm): Dibangun dari batu kapur, menara observasi setinggi 253 kaki ini juga dirancang oleh Werner March. Pengunjung dapat naik lift ke titik tertinggi di situs dan mendapatkan pemandangan terbaik Olympiagelände (Olympiapark). Biaya masuk 4,50 euro (sekitar $4,85) untuk orang dewasa.
  • Langemarckhalle: Di antara kolom di jalan setapak luar, ada pameran tentang sejarah situs, dan peringatan yang didedikasikan untuk tentara yang gugur dari Perang Dunia I.
  • DFB-Pokal Final: Setiap musim semi, Stadion Olimpiade menjadi tuan rumah final piala sepak bola Jerman.
  • ISTAF international track and field meet: Diadakan setiap bulan September di stadion.
  • Konser: Setiap musim panas, Olympiastadion berubah menjadi salah satu panggung terbuka terbaik di negara ini. Di antara banyak nama besar yang pernah bermain di sini antara lain Rolling Stones, Madonna, dan Coldplay.
  • Run the Track: Anda tidak harus menjadi atlet profesional untuk berlari di lintasan legendaris. Ada acara reguler untuk amatir seperti B2RUN atau BIG25.
  • Guided Tours: Ini dapat berlangsung dari satu jam hingga 120 menit. Anda memiliki beberapa pilihan: Anda dapat mengikuti tur yang menarik, tur yang didedikasikan untuk tim sepak bola Hertha, atau tur premium (yang menjelajahi budaya, olahraga, dan arsitektur Olympiapark). Tur ditawarkan dalam beberapa bahasa (bahasa Inggris berjalan setiap hari pada pukul 11:30). Perhatikan bahwa ada tur pada hari-hari dengan acara terjadwal. Jika Anda melewatkan tur, manfaatkan aplikasi gratis dengan tips orang dalam, file video dan audio, dan tur secara mendalam.
Olympiastadion Berlin
Olympiastadion Berlin

Cara Ke Olympiastadion Berlin

Jika Anda pergi ke acara seperti pertandingan sepak bola, Anda dapat menjelajahi lapangan sesuka hati Anda dan menikmati Stadion Olimpiade sebagaimana mestinya untuk dinikmati. Untuk datang ke sini pada hari-hari non-event, Anda perlu membeli tiket pengunjung. Biaya masuknya 8 euro (sekitar $8,60), yang sudah termasuk masuk ke menara lonceng. Ada juga tarif keluarga 19 euro (sekitar $20,50) serta diskon individu. Pengunjung dengan kartu selamat datang Berlin menerima masuk gratis tanpa pemandu.

Jam buka umumnya dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam, meskipun jam musim dingin (November sampai Maret) dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

Stadion Olimpiade terletak sekitar 4 mil di sebelah barat Berlin, dan dapat dicapai dalam 25 hingga 40 menit melalui sistem angkutan umum Berlin. Anda dapat naik kereta bawah tanah (U-Bahn) jalur U2 ke halte U Olympia-Stadion, atau jalur S-Bahn dari S5 ke halte S Olympiastadion. Anda juga bisa naik bus jalur M49 atau 218, yang membutuhkan jalan kaki singkat.

Jika Anda berkendara ke Stadion Olimpiade, ada banyak tempat parkir yang tersedia pada hari-hari non-acara. Perhatikan bahwa selama acara, parkir jauh lebih terbatas.

Video Olympiastadion Berlin

Olympiastadion Berlin

Rated 4.5/5
based on 26.683 reviews from Google reviews
Stadion Olimpiade Berlin merupakan sebuah stadion yang terletak di Berlin, Jerman. Stadion Olimpiade Berlin ini dirancang oleh arsitek Jerman Werner March dan dibangun antara tahun 1934 dan 1936 untuk Olimpiade Berlin 1936. Stadion ini menggantikan Stadion Jerman rancangan ayah Werner, Otto March.
Berlokasi di : Berlin, Jerman
  • Alamat: Olympischer Platz 3, 14053 Berlin, Jerman
  • Kapasitas: 74.475
  • Pemilik: Olympiastadion Berlin
  • Arsitek: Albert Speer, Werner March, Otto Königsberger, Friedrich Krahe
  • Tim: Hertha BSC, Tim nasional sepak bola Jerman
  • Dibuka: 1 Agustus 1936
  • Tinggi: 21 m
  • Telepon: +49 30 30688100

Maps Olympiastadion Berlin